Kelompok KPMT 04 Tutup Rangkaian Program Kerja Dengan Mengadakan Pengajian Umum

Setelah melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Tematik (KPMT) selama 45 hari, sejak 2 Juli lalu. Selasa (15/08/2023) malam, kelompok 04 resmi mengakhiri masa pengabdian mereka di Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dengan mengadakan pengajian umum dan syukuran pengaliran air bersih di Dusun Tileng dan Bakalan.

Kegiatan ini juga merupakan puncak rangkaian dari program kerja yang sudah disusun oleh kelompok 04, seperti pelatihan pembuatan ampyang, pendampingan kepada siswa di sekolah satu atap, pembuatan NIB, pendampingan pencegahan stunting, penyaluran air bersih ke dua dusun, dan masih banyak program lainnya.

Secara simbolis penutupan ini dilakukan dengan penyerahan cinderamata dari kampus STAIMAS Wonogiri kepada Pemerintah Desa Gambirmanis.

Nuranto, saat penutupan sekaligus perpisahaan ini menuturkan, ucapan terima kasih tidak terhingga karena sudah diterima di Desa Gambirmanis, “Terima kasih kepada kepala desa, warga di sini sudah menerima kami dengan sangat luar biasa,” terangnya.

Nuranto juga menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat, “Mohon maaf jika selama kami disini ada perbuatan yang tidak mengenakan, baik sengaja maupun tidak, intinya saya mewakili rekan memohon maaf sebesar-besarnya,” ucap Nuranto.

Sementara perwakilan dari kampus STAIMAS yang langsung disampaikan oleh ketua STAIMAS Wonogiri, Atik Nurfatmawati, S.E., M.I.Kom, menuturkan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah desa Gambirmanis Bersama semua warga, “Terima kasih sudah mau menerima dan memberi kesempatan kepada mahasiswa kami untuk melaksanakan KKN disini,” ucapnya.

Atik menambahkan, sebagai perguruan tinggi Islam pertama di Kabupaten Wonogiri, bisa membantu masyarakat di Kabupaten Wonogiri untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui bidang Pendidikan, “Kami hadir untuk masyarakat Wonogiri, semoga kehadiran kami yang memasuki usia 6 tahun inic bisa diterima oleh bapak dan ibu semua,” ijarnya.

Sementara itu, Pardi, Kepala Desa Gambirmanis, mengapresiasi kehadiran mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri di wilayahnya, “Mas dan mbak KKN ini luar biasa, kehadiran mereka bukan sekedar ada fisiknya saja, tapi rohani juga ada, bentuk nyatanya juga ada,” ujarnya.

Pardi juga berterimakasih atas hasil pengabdian mahasiswa, “Apa yang dikerjakan mahasiswa ini memang nyata terlihat, apalagi tentang pengaliran air bersih ini, semoga ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat di 2 dusun terdampak, takni Dusun Tileng dan Bakalan,” ucap Pardi.

Tidak lupa, Pardi mewakili pemerintah desa dan warga Gambirmanis, mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri, “Kami mohon maaf jika selama ini kami ada perbuatan yang tidak enak di hati atau ucapan yang membuat sakit hati,” terangnya.

Kegiatan KPMT kelompok 04 STAIMAS Wonogiri ditutup dengan ceramah yang diisi oleh KH. Much. Hasyim Abdullah Uly Absyor, pengasuh pondok pesantren Munzalam Mubaroka, Bulukerto, dan dihadiri oleh ribuan jaamaah yang memadati Lapangan sepak bola Gedong desa setempat. (yos)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top