Mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri Kelompok 6 Adakan Seminar “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Eco Enzym.”

WONOGIRI – Dalam rangka mempromosikan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, Mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri Kelompok 6 mengadakan sebuah seminar yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembuatan Eco Enzym.” (Senin, 14 Agustus 2023) di wilayah Kelurahan Sidoharjo.

Acara tersebut dipandu oleh Bapak Theo Filus Agus Sulistyan, seorang pendeta yang juga dikenal sebagai pembuat eco enzym pertama di kelurahan tersebut. Eco enzym, yang dikenal sebagai alternatif ramah lingkungan dalam membersihkan dan merawat lingkungan sekitar, menjadi fokus utama seminar ini.

Para peserta yang hadir bukan hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga melibatkan seluruh ketua RT dan RW se-kelurahan, serta perwakilan dari perangkat kecamatan. Hal ini menunjukkan keseriusan masyarakat dalam mendukung inisiatif pemberdayaan lingkungan.

Bapak Theo Filus Agus Sulistyan dengan antusias berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang cara pembuatan dan penggunaan eco enzym dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Beliau menceritakan bagaimana ide untuk membuat eco enzym muncul dari kepedulian akan dampak limbah dan polusi terhadap lingkungan.

Dalam seminar yang berjalan penuh interaksi ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada pemateri. Mereka menanggapi acara ini dengan antusias, mengakui bahwa ilmu yang diperoleh sangat bermanfaat dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Ketua Kelompok 6 KPMT STAIMAS, dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur atas berlangsungnya acara ini dengan sukses. Dia juga berharap bahwa seminar ini dapat menjadi langkah awal dalam membentuk pola pikir yang lebih peduli terhadap lingkungan dan mendorong pemberdayaan masyarakat dalam menjaga kelestarian alam.

Dalam akhir acara, peserta dianjurkan untuk terus mendukung inisiatif seperti ini dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat yang sama, diharapkan bahwa masyarakat bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan, serta menginspirasi inisiatif serupa di berbagai wilayah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top