Mahasiswa KPMT Ikut Kontribusi Dalam Gelaran Potensi dan Budaya Gambirmanis

Mahasiswa KPMT kelompok 4 turut serta menjadi panitia dalam acara Gelar Potensi dan Budaya Desa Gambirmanis, Senin (14/08/2023). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari acara pelepasan KPMT kelompok 4 STAIMAS Wonogiri, sekaligus untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Acara ini di hadiri oleh seluruh jajaran perangkat Desa Gambirmanis, mantan Kepala Desa Gambirmanis, Warsito, S.I.P.,M.M., selaku Camat Pracimantoro, Irwan Hari Purnomo selaku DPRD, serta Setyo Sukarno selaku wakil Bupati Wonogiri.

Berbagai potensi dan budaya semarak ditampilkan oleh warga Desa Gambirmanis dalam acara tersebut, mulai dari gerak lagu,terbangan, penampilan sholawat dengan tema kemerdekaan, kothek lesung, tretekan, sandiworo, laras madyo, srandul, kethoprak,dan jathilan. Pengisi acara pada sajian yang ditampilkan dalam acara tersebut diikuti dari semua usia, dari usia anak-anak hingga dewasa bahkan lansia.

Selain dari warga desa Gambirmanis, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari para siswa seluruh sekolah yang ada di Desa Gambirmanis. Beragam sajian yang menarik untuk disaksikan, antara lain Tari gambyong dari SD N 1 GAMBIRMANIS, Geguritan dari SD N 3 GAMBIRMANIS, Tari kreasi dari SD N 2 GAMBIRMANIS, Sandiworo Enthit dari SD N 1 GAMBIRMANIS, dan Karawitan dari SMP PGRI 15 PRACIMANTORO.

Dalam acara tersebut, mahasiswa KPMT kelompok 4 STAIMAS WONOGIRI, juga menyerahkan trophy dan sertifikat pemenang lomba antar TPQ se-Desa Gambirmanis, yang telah dilaksanakan pada hari Ahad (13/08/2023) lalu, sekaligus penyerahan cindera mata berupa peta pembangunan wilayah Desa Gambirmanis dari segenap mahasiswa kelompok 4 kepada Kepala Desa Gambirmanis.

Nuranto, ketua kelompok KPMT 04, menuturkan, kontribusi mahasiswa ini merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, “Salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat, ini bentuk komitmen kami dalam pengabdian masyarakat,” jelasnya.

Ia juga berharap, selama kegiatan KPMT di Desa Gambirmanis bisa memberi pengaruh positif terhadap warga, “Semoga apa yang kami lakukan selama 45 hari disini bisa memberi manfaat dan terima kasih sudah diterima dengan baik,” ucap Nuranto.

Seusai dari penampilan gelar potensi warga Desa Gambirmanis dan apresiasi pelajar Gambirmanis, dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter yang berisi tentang kegiatan dan perkembangan pembangunan Desa Gambirmanis. Acara ini ditutup dengan penampilan dari Dalang Cilik asal SD N 4 GAMBIRMANIS, dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. (hnf/yos)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top