Mahasiswa KPMT 04 Adakan Lomba TPQ se Desa Gambirmanis

Mahasiswa KPMT 04 STAIMAS Wonogiri mengadakan lomba antar TPQ s Desa Gambirmanis, pada Minggu (13/08.2023), sore di Masjid Hidayatulloh, Dusun Nujo, Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Lomba antar TPQ tersebut, diikuti oleh seluruh TPQ yang ada di Desa Gambirmanis, dengan jumlah peserta yang mendaftar kurang lebih 35 orang santri dari 3 cabang lomba yang diselenggarakan, yaitu Lomba Adzan dan Iqomah untuk anak kelas 4-6 SD, Lomba Tahfidz untuk anak kelas 1-SD, serta Lomba Mewarnai untuk anak usia PAUD/TK.
Para santri yang hadir begitu antusias dan semangat dalam mengikuti acara tersebut. Agenda tersebut juga didampingi langsung oleh Sutarto selaku Kepala Dusun Nujo, Desa Gambirmanis, yang merangkap sebagai Takmir Masjid Hidayatullah.

Rangkaian acara ini dimulai dengan pembukaan dan sapaan dari pembawa acara kepada hadirin yang datang, dilanjutkan sambutan dan juga pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian pengarahan terkait lomba dan tempat lomba, dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba.

Setelah perlombaan selesai, para santri diberikan pengarahan bahwa pengumuman terkait pemenang lomba akan disampaikan pada hari Senin (14/08/2023) tepatnya dimalam Malam Pentas Seni dan Gelar Budaya Desa Gambirmanis, dan ditutup dengan acara penutup serta foto bersama dengan para santri yang telah hadir.
Surato, mengapresiasi, agenda yang dilakukan oleh mahasiswa KPMT STAIMAS, “Ini acara yang bagus buat anak-anak,” terangnya.

Ia berharap kegiatan ini nantinya bisa diadakan secara rutin setiap tahunyya, “Karena acara ini sangat bermanfaat agar anak-anak disini gemar mengaji, tentunya kegiatan ini bisa rutin dilakukan setiap tahun,” kata Surato.

Sementara, Nuranto, Ketua kelompok, mengatakan, kegiatan ini bagian dari program kerja kami dalam bidang keagamaan, “ini salah satu proker unggulan kami di KPM sekarang,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa membuat anak-anak bergembira dan gemar mengaji, “Dengan kegiatan ini kedepan semogar makin rajin dan cinta kepada Al-Qur’an juga agama,” terang Nuranto.

Nuranto berpesan, kalah menang itu hal biasa, “Yang penting anak-anak gembira dan rukun satu sama lain, dunia anak itu dunia yang gembira, oleh karena itu kita konsep acara ini dengan gembira juga,” imbuh Nuranto. (hnf/yos)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top