Pentingnya Literasi Media, KPMT 04 Gelar Sosialisasi Dunia Digital

Arus informasi yang tidak terbendung dan mudah tersebarnya berita hoax, menjadi ancaman yang membahayakan, utamanya jika penggunaan gadget tidak dilakukan dengan benar, Hal tersebut disampaikan oleh Mirza Azkia Muhammad Adiba, M.Sos, Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIMAS Wonogiri, saat memberikan Sosialisasi Literasi Media di depan ibu-ibu PKK Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, pada Jumat (11/08/2023).

“Penggunaan HP yang sudah terkoneksi dengan internet harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” tutur pria yang akrab disapa Yoski ini.

Yoski menambahkan, banyak kasus yang sudah terjadi akibat lalai dalam penggunaan media yang berakibat fatal, “Jangan sampai ibu-ibu disini terkena kasus criminal karena HP, bisa itu komentar memberikan komentar negative, menyebarkan berita bohong, dan hal negative lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yoski, mengajak ibu-ibu untuk menggunakan gadget ke ranah yang positif, “HP yang anda punya bisa digunakan untuk berjualan dan mempromosikan UMKM atau dagangan yang ada di Desa Gambirmanis,” tuturnya.

Yoski mencontohkan, UMKM di Desa Gambirmanis bisa mendaftar ke marketplace atau Socialplace. “Dengan cara seperti ini, maka peluang usaha yang dihasilkan UMKM disini semakin banyak dikenal, bukan hanya di Wonogiri saja, tapi bisa keluar Wonogiri,” jelas Yoski.

Yoski menyarankan, produk yang dijual sebisa mungkin mempunyai keunikan, “Agar produk yang kita jual mudah dikenal, maka harus ada ciri khasnya, ini yang akan menjadi pengingat bagi konsumen,” terang pria Asli Surabaya.

Tidak sampai disitu, Yoski juga meminta bagi ibu-ibu PKK yang hadir dalam acara tersebut bisa melakukan branding terhadap produknya, “Melalui branding ini juga dapat meningkatkan kualitas produk yang akan dipasarkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yoski juga berharap, kedepan produk-produk warga di Desa Gambirmanis bisa dikenal di Indonesia hingga mancanegara, “Kedepan semoga desa ini bisa menjadi desa percontohan dalam pengelolaan UMKM,”jelas pria berkacamata ini.

Yoski juga memberi gambaran bahwa kedepan penggunaan media digital pasti sangat berpengaruh dalam kehidupan bersosial, oleh karena itu, ia berharap penggunaan media atau gadget harus digunakan sebaik mungkin dan memberikan manfaat positif. (hnf/yos)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top