Mahasiswa STAIMAS Beri Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Darurat Satu Atap

Mahasiswa KPMT kelompok 04 didampimgi Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri, menyambangi sekolah darurat Satu Atap (Satap) di Dusun Bakalan, Desa Gambirmanis, yang merupakan cabang dari SMP PGRI 15 Pracimantoro, Rabu (09/08/2023).

Menurut Nuranto, ketua kelompok 04, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari agenda sambang SMP PGRI 15 Pracimantoro yang telah dilakukan pada sebelumnya. “Sekolah ini adalah tempat yang dibuat oleh tim pendidik dari SMP PGRI 15 Pracimantoro dengan tujuan agar anak-anak di dusun tersebut tidak ada yang putus sekolah, dan bisa mengenyam pendidikan seperti anak-anak lain yang bertempat tinggal dekat dengan sekolah,” terangnya.

Sebab pada umumnya yang menjadi kendala terbesar dari tidak berlangsungnya estafet generasi kependidikan adalah karena akses transportasi yang sulit dan terbilang membebani orang tua calon siswa.

Menurut Nuranto, sekolah ini telah lama disediakan oleh tim pendidik SMP PGRI 15 Pracimantoro, sebagai salah satu solusi dari keterbatasan transportasi dan biaya bagi anak yang ingin melanjutkan sekolah namun dengan keterbatsan yang ada.

Dengan memakai salah satu rumah warga sekitar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, sehingga akses untuk mendapatkan pendidikan tetap terjangkau. Kegiatan pada sekolah satu atap tersebut membuka 3 kelas yaitu kelas 7, 8 dan 9. “Namun sempat berhenti untuk membuka pendaftaran siswa baru beberapa waktu lalu karena adanya pandemi Covid-19. Dan saat ini telah berjalan seperti sedia kala sejak dua tahun terakhir (2021-2023),” ucapnya.

Terdapat 10 siswa yang ada di SMP SATAP dusun Bakalan, terdiri atas 2 siswa kelas 7, 8 siswa kelas 8, sedang tenaga pendidik yang mengampu diambil dari SMP PGRI 15 Pracimantoro dengan sistem jadwal bergilir disetiap harinya.

Acara ini dimulai dengan bincang-bincang bersama dengan guru pendamping yang bertugas dihari tersebut, kemudian dilanjutkan dengan materi dan motivasi yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 04, Ruslina Dwi Wahyuni, M.A.P yang bertema tentang integritas dan kejujuran.

Bersama materi yang disampaikan tersebut, mereka juga diberikan motivasi tentang pentingnya pendidikan untuk menyongsong masa depan, serta tips dalam belajar untuk meraih cita-cita dengan mudah dan menyenangkan.

“Salah satu kunci utama untuk sukses adalah mengutamakan kejujuran, meski itu pahit, harus tetap jujur,” jelas wanita yang juga Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini.

Lina, panggilan kesehariannya, juga memberikan motivasi untuk tetap giat dalam menuntut ilmu, “Adik-adik disini harus tetap bersemangat bersekolah, harus ada yang sampai kuliah,” ajaknya kepada siswa.

Selain itu, ia juga meminta siswa disini untuk tidak berkecil hati karena kondisi sekolahnya, “Jangan berkecil hati, banyak orang hebat bisa sukses bermula dengan kesengsaraan,” terangnya.

Pantang menyerah, lanjutnya, merupakan kunci untuk sukses, “Jangan pernah menyerah bagaimanapun kondisinya, tetap semangat dan jangan lupa untuk berdoa,” kata Lina.
Dengan segala keterbatasan yang ada, tidak boleh menyurutkan niat belajar anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, “Selalu optimis dan terus melangkah untuk berinovasi dalam memberikan motivasi guna meningkatkan pendidikan dimanapun kita berada merupakan kewajiban yang harus kita lakukan,” ujar Lina.

Salah satu pendidik yang ditemui oleh mahasiswa KPMT kelompok 4 pada hari tersebut adalah Wahyu Wulandari, S.Pd., yang bertugas menjadi guru pendamping pada hari tersebut, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada dosen dan mahasiswa STAIMAS Wonogiri, “Terima kasih sudah berkunjung ke sekolah kami,” terangnya.

Dian Widarti, S.Pd selaku Kepala Sekolah, menyampaikan terimakasih&apresiasi pada kegiatan Dosen dan Mahasiswa tersebut yang telah memberikan perhatian, kepedulian dan motivasi sehingga memicu semangat belajar siswa.

“Terima kasih sudah peduli dengan sekolah kami, semoga kedepan kami terus bisa bersemangat untuk membersamai siswa di sekolah ini,” terang Dian.

Dian menambahkan, dirinya mengapresiasi kegiatan mahasiswa KPMT untuk memberikan motivasi kepada siswa, “Ini motivasi yang luar biasa, semoga anak didik kami kami terus bersemangat untuk bersekolah dan menuntut ilmu,” jelasnya.

Acara tersebut diakhiri dengan tanya jawab, diskusi penyerahan bingkisan, dan foto bersama. (yos)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top