Tanamkan Nilai-nilai Islami, KPMT STAIMAS Wonogiri Undang Pendongeng Kak Husain Saifullah di Kegiatan Semarak TPQ

GIRIWOYO – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat Tematik (KPMT) kelompok 05 Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri, menggelar kegiatan Semarak Kajian Taman Pendidikan Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Islam Melalui Dongeng di Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Minggu (06/08/2023) pukul 07.00-11.00 WIB.

Karena di Desa Gedongrejo terkenal dengan masyarakatnya yang beraneka ragam agama, kegiatan berjudul “Semarak Kajian Taman Pendidikan Al-Qur’an Bersatu, Bersaudara, dan Bertoleransi”. Kegiatan tersebut  menjadi edukasi masyarakat, khususnya bagi santri TPA yang dikemas dalam bentuk mendongeng. Ibnu Hibban, selaku ketua KPMT kelompok 05 sekaligus panitia penyelenggara menuturkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk semarak silaturahim bagi santri TPA dan menumbuhkan rasa toleransi dan menghargai antar sesama muslim maupun non muslim.

Kegiatan Semarak Kajian Taman Pendidikan Al-Qur’an, di hadiri oleh 150 santri TPA beserta  8 ustadz dan ustadzah dari 5 dusun di Desa Gedongrejo, diantaranya dari dusun terdekat, Dusun Tirisan, Dusun Sumber, Dusun Gunung Beruk, Dusun Ngulang, hingga dusun terjauh yaitu Dusun Gunung Wangunan. Masing-masing santri TPA sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan Semarak Kajian Taman Pendidikan Al-Qur’an dilakukan, awal kegiatan dimulai dengan  Pawai santri TPA yang dilakukan dari Balai Desa Gedongrejo menuju Masjid Al-Faruq di Dusun Tirisan, Desa Gedongrejo.

Pawai santri TPA dilaksanakan pada pukul 07.00-07.45 WIB, yang di buka langsung oleh Kepala Desa Gedongrejo, Bapak Untung Suharin, dengan cara memotongan pita yang terletak di depan pintu gerbang balai desa, sebagai tanda mulainya kegiatan pawai tersebut. 

Setelah pawai selesai dilaksanakan, kegiatan dilakukan bersama  Kak Husain Saifullah pendongeng dari Wonogiri, sekaligus Owner Cabang di Bimbel Rumah Cerdas. Dalam kegiatan mendongeng, para santri TPA, ustadz dan ustadzah hingga Kami KPMT kelopok 05 sangat terhibur dan senang dengan dongeng yang di bawakan oleh Kak Husain. Harapannya, dengan di adakan kegiatan tersebut, para  santri TPA dapat memperkuat keimanan dan ketaqwaan, penanaman nilai-niai Islam, serta termotivasi dan tetap semangat dalam mengaji atau menuntut ilmu.

(Winda Sholikah)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top