Implementasikan Nilai Moderasi Beragama, Mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri Berpartisipasi dalam Kegiatan Fang Sheng di Desa Gedongrejo

GIRIWOYO – Mahasiswa Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Tematik (KPMT) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri, yang tergabung dalam kelompok 05 berpartisipasi dalam kegiatan Fang Sheng umat Buddha dari Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/07/2023) pukul 09.30-11.00 WIB.

Kegiatan Fang Sheng tersebut dihadiri oleh 30 umat Budha dari Desa Gedongrejo, 4 Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN), serta Mahasiswa KPMT Kelompok 05 dari STAIMAS Wonogiri.

“Fang Sheng merupakan tradisi umat Buddha untuk melepaskan makhluk hidup kembali ke alam bebas yang dapat dilakukan dengan melepaskan ikan, burung, kura-kura, dan sebagainya, agar dapat bebas di habitatnya masing-masing.

Bagi umat Buddha, tradisi Fang Sheng, dimaknai sebagai wujud cinta pada alam dan hewan. Tujuannya, agar hewan-hewan itu dapat merasakan kembali kehidupan alam bebas dan bahagia karena tidak dikurung. Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan untuk terus hidup kepada makhluk lain.

Selain itu, ritual yang digelar dengan melepaskan hewan hidup ke alam ini, dipercaya memiliki pengaruh bagi kehidupan dan keberuntungan. Dalam aturannya, kegiatan Fang Sheng dapat dilakukan satu bulan sekali. Sedangkan, untuk kegiatan Fang Shen di Desa Gedongrejo sudah terlaksna 5 kali dalam satu tahun ini.” Kata Suparmi.

Kegiatan Fang Sheng berlokasi di Bendungan Pidekso, Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo. Hewan yang dilepas di alam bebas berupa ikan lele dan burung perkutut. 

Dalam pelepasan hewan, kegiatan Fang Sheng diadakan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa dari STABN. Kemudian, ikan lele dan burung perkutut dilepaskan satu persatu.

Dalam momentum KPMT STAIMAS Wonogiri 2023, partisipasi peserta KPMT dalam kegiatan Fang Sheng merupakan implementasi nilai moderasi Beragama.

 (Winda Sholikah)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top