Kelompok 04 KPMT Gelar Pelatihan Pembuatan Ampyang Kacang

Kelompok 04 KPMT STAIMAS Wonogiri di Desa Gambirmanis melaksanakan program kerja yang telah disusun, salah satunya adalah pelatihan pembuatan kacang ampyang kepada ibu PKK, di kediaman kepala Desa, pada Rabu (5/7/23) pagi.

Pelatihan ini dipandu langsung oleh  Umi selaku PPL Gambirmanis, yang  diikuti peserta dari 4 Dusun yaitu Dusun Tileng, Dusun Nongkosuwit, Dusun Galo, dan Dusun Kerjo. Yang setiap dusunnya diambil 6 orang untuk mengikuti pelatihan.

Sri Suyatmi, S.sos, pendamping pelaksanaan pembuatan ampyang kacang, mengatakan, pembuatan ampyang kacang tersebut dikerjakan oleh ibu-ibu PKK Desa Gambirmanis yang pada hari itu dilaksanakan di dua tempat yaitu di Dusun Galo dan juga dusun Tileng.

“Pembuatan Ampyang kacang yang dilaksanakan di Dusun Tileng diikuti sebanyak 7 orang, sedangkan yang berada di rumah bapak kepala desa Gambirmanis yaitu di tempat yang kami sambangi diikuti oleh ibu-ibu PKK sejumlah 15 orang yang dilaksanakan di Dusun Galo,” jelas Sri Suyatmi.

Sri Suyatmi, menuturkan bahwasanya UMKM di Desa Gambirmanis, selain pembuatan ampyang kacang, juga cukup beragam, diantaranya yaitu ada produk getuk lindri yang mereka namai getuk tuman roso, ada juga puding waluh, bongko gudhe, risol basah dan kering. “Ada juga kue utri kue bolu jenang kacang bawang kacang telur lemper wajik keripik pisang dan keripik Talas, yang semua bahannya diambil dari alam atau dengan kata lain berbahan dasar dari kekayaan alam di Desa kami,” terangmya.

Hal ini selaras dengan harapan Camat Warsito, SIP. ,M.M bahwa desa harus mampu membuat inovasi dan mengolah hasil bumi menjadi produk yang menarik dan bernilai jual tinggi. Gagasan ini disambut oleh Kepala Desa Gambir manis Bapak Pardi beliau memberikan anggaran untuk pembuatan ampyang yang dikerjakan pada hari Rabu 5 Juli 2023.

“Ibu-ibu PKK berkumpul di rumah beliau dan membuat ampyang kacang yang nantinya akan dipasarkan ke dusun-dusun sekitar Gambirmanis,” imbuhnya.

Antusias para ibu-ibu PKK dalam menjalankan UMKM Desa Gambirmanis cukup tinggi Hal ini bisa dilihat dari kekompakan mereka membentuk kelompok-kelompok kerja, selanjutnya kegiatan ini ditindaklanjuti dengan  pembentukan kelompok kerja, “Setiap kelompok kerjanya sudah diberi nama, contohnya di Dusun Galo mereka menamai Kelompok kerja mereka dengan sebutan Kelompok kerja Maharani, sedangkan di kelompok kerja Dusun Tileng mereka menamainya Kelompok kerja Purba Utomo.” Imbuhnya.

Selain itu Lusi, salah satu anggota kelompok kerja, menyampaikan bahwa saat ini dirinya masih terus mengamati dan berinovasi dalam pembuatan Ampyang tersebut, ia mewakili rekan-rekan kelompok Maharani bisa mendapat hasil terbaik dalam pembuatan ampyang kacang tersebut, “Dan bisa menyajikan ampyang kacang yang bercita rasa asli, menarik perhatian konsumen, dan ketika konsumen telah menyantapnya, para konsumen teringat bahwa itu adalah ampyang Maharani,” terangnya.

Lusi juga menyampaikan bahwa rencana produksi ampyang kacang akan dilaksanakan seminggu sekali di kediaman Bapak Kepala Desa Gambirmanis. Ibu-ibu PKK Desa Gambir Manis juga diberi pesan bahwa dalam produksi packaging-nya tidak boleh menggunakan strapless.

Harga ampyang kacang Kelompok kerja Maharani terbilang cukup murah, yaitu seharga Rp.8.000,00  per kemasan, dan pemesanan dipantau langsung oleh Sri suyatmi, S.Sos selaku pendamping Kelompok Kerja Maharani (ibu PKK Dusun Galo).

Sementara itu, Eka Prasetya, penanggung jawab pelatihan pembuatan apmpyang kacang ini mengungkapkan, pelatihan ini diharapkan mampu menambah kemampuan ibu-ibu di Desa

Gambirmanis, “Tentunya kedepan bisa menambah penghasilan bagi mereka, “ ucapnya.

Eka juga berharap kedepan produk ampyang ini bisa terjual di luar daerah Wonogiri, “Syukur bisa tembus ke nasional hingga mancanegara,” imbuhnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top