Tiba di Desa Gambirmanis, Peserta KPMT 04 Siapkan Program Prioritas

Setelah meninggalkan Kantor Kecamatan Pracimantoro, peserta kelompok 04 KPMT STAIMAS Wonogiri, langsung berangkat menuju lokasi di Desa Gambirmanis, Selasa (4/7/2023) dan  langsung disambut oleh perangkat desa setempat beserta Kepala Desa, Pardi.

Dalam sambutannya, Pardi, menyampaikan harapan mengenai program kerja utama yaitu penanggulangan krisis air bersih bisa ditindaklanjuti, “Program ini sangat bagus dan bisa segera dirasakan oleh masyarakat langsung,” terangnya. 

Pardi menambahkan, nanti juga disusul dengan program kerja lainnya, “Yang pasti program kerja itu  bisa membantu kemajuan masyarakat dan sesuai kebutuhan yang ada di masyarakat setempat,” tuturnya

Pardi menyampaikan tiga kepada peserta KPMT STAIMAS Wonogiri, pertama ia berharap kegiatan ini bukan hanya untuk formalitas saja, “Harus ada aksi dan Gerakan nyata dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”tuturnya.

Kedua, Kades Gambirmanis berpesan pemberdayaan kaum Wanita diutamakan, “Khususnya dalam bidang agama dan Pendidikan, semua perempuan di des aini harus bagian dari pembangunan peradaban dan kemajuan desa khususnya serta Kabupaten Wonogiri,” terang Pardi.

Selanjutnya, untuk ketiga, Pardi mengucapkan terima kasih kepada peserta KPMT karena mempunyai program prioritas untuk mengatasi air di 2 dusun, “Kami akan mendukung program ini, jika ini bisa terwujud sebagai rasa terima kasih kami, nantinya sumber air ini akan kami namakan Sumber Air KKN STAIMAS Wonogiri,” terangnya.

Pardi berharap kedepan, kampus STAIMAS bisa menjadi kebanggan bagi masyarakat di Desa Gambirmanis, utamanya Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, Harno, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  menyampaikan, Selamat berkarya dan selamat bertugas untuk rekan-rekan KPMT  kelompok 4 dari STAIMAS Wonogiri. 

Ia berharap bahwa kelompok KPMT STAIMAS Wonogiri bisa meninggalkan hal-hal yang baik, “Utamanya dalam mencari solusi agar air bersih bisa mengalir ke dua Dusun yaitu Dusun Thileng dan Dusun Bakalan. 

Sampai saat ini, kondisi di 2 dusun tersebut masih belum mendapatkan air bersih, ia berharap KPMT STAIMAS yang berlangsung di Gambirmanis bisa membantu administrasi pemerintahan desa Gambirmanis

Menanggapi sambutan dari Kepala Desa dan Bapak Ketua BPD, Ruslina Dwi Wahyuni, S.Sos, M.A.P, Dosen Pembimbing Lapangan,  menyampaikan penyerahan peserta KPMT kepada kepala desa dan staf setempat. 

Lina, panggilan akrabnya, menjelaskan alur permohonan perizinan KPMT mulai dari agenda sowan Pak Camat hingga sampai ke Kelurahan Desa Gambirmanis. “Kelompok empat ini anggotanya mayoritas penduduk lokal (asli praci) dan telah mengerti potensi yang bisa digunakan sebagai bahan program kerja yang bisa dilaksanakan di daerah setempat,” jelasnya.  

Lina menyampaikan, penyelenggaraan KPMT diharapkan tidak hanya sekedar program kerja yang dikerjakan selama jadwal berlangsung, “Namun mampu meninggalkan hal-hal yang bisa dilakukan dan dinikmati secara berkelanjutan. Dengan prinsip gagasan dari Praci, oleh Praci,  untuk Praci,” imbuh mahasiswa Doktor Unissula Semarang ini.

Sementara itu, Nuranto, Ketua Kelompok 04 KPMT STAIMAS Wonogiri, menerangkan, dirinya dan rekan-rekanya siap sepenuhnya melakukan pengabdian di masyarakat, ia juga sudah menyiapkan program-program yang sudah ia tinjau sebelumnya.

“Sesuai metode KPMT tahun ini yang menggunakan metode PAR, yang salah satunya adalah melakukan penelitian, kami sudah melakukan observasi terkait permasalahan yang ada di Desa Gambirmanis,” tuturnya.

Beberapa program yang telah disiapkan, Nuranto melanjutkan, diantaranya adala pertumbuhan UMKM dan bantuan pembuatan perizinan distribusi sehingga produk lokal yang dibuat punya daya jual yang tinggi. 

“Harapan kami dari anggota KPMT kelompok 4 kami bisa membantu pengembangan inovasi desa Gambir Manis lewat hal-hal sederhana seperti pendekatan budaya yaitu pelatihan karawitan dan pambioworo sehingga ada regenerasi untuk menjaga kelestarian budaya Jawa,” jelas Mahasiswa HTN ini.

Pemaparan ditutup dengan perkenalan anggota KPMT pada jajaran staf kelurahan Gambirmanis, sebagai wujud hormat anggota kelompok kepada masyarakat Gambirmanis, serta sosialisasi terkait keberadaan kampus STAIMAS.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Nuryanto, perwakilan lembaga DPRD Wonogiri, yang termasuk anggota kelompok 4 dalam KPMT Desa Gambirmanis, ia menyampaikan rasa syukur sebab adanya kesinambungan program kerja KPMT kelompok 4  dan program kerja Kabupaten Wonogiri. 

“Program kerja KPMT STAIMAS yang sesuai dengan program kerja yang dicanangkan di Kabupaten Wonogiri antara lain;  Tarbiyah atau pendidikan yang dimulai dari penghidupan kembali TPQ yang tidak aktif,” terang Nuryanto. 

Ia menambahkan, program selanjutnya menumbuhkan mindset pentingnya pendidikan, dan pengelolaan potensi yang ada, termasuk pengembangan UMKM. 

“Nuryanto berharap, semoga selama KPMT kelompok 4 yang berlangsung di Desa Gambirmanis, “Semua program kerjanya bisa berjalan sesuai apa yang telah direncanakan,  dan yang telah diharapkan bersama,” tuturnya. 

Acara tersebut ditutup dengan arahan dari Kepala Desa dan pengambilan foto peserta KPMT kelompok 4 bersama jajaran Staf Kantor Desa Gambirmanis, sebagai simbol penyerahan KPMT STAIMAS Wonogiri kepada masyarakat setempat, serta dilanjutkan dengan mengunjungi posko penginapan para peserta KPMT yang dikawal langsung oleh Bapak Kepala Desa juga dua stafnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top