LPPM STAIMAS Workshop, Berikut 3 Cara Mengelola Penelitian dan Pengabdian

WONOGIRI–Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri menyelenggarakan Workshop Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kamis (15/6/2023) secara daring melalui zoom meeeting.

Hadir sebagai pembicara Kepala Bidang Peningkatan Rekognisi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Jember, Dr. Siti Nursyamsiyah, SS, MPd. Plt Kepala LPPM STAIMAS Wonogiri, Nadhiroh, M.I.Kom berharap melalui workshop itu semakin memotivasi dosen untuk melakukan penelitian dan abdimas.

Siti menuturkan LPPM menjadi garda terdepan dalam memberikan kontribusi yang terbaik terkait penelitian, pengabdian dan luaran kegiatan dosen. Dia mengemukakan penelitian dan pengabdian merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Siti menambahkan dosen berkegiatan di luar kampus dan hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat termasuk ke dalam Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Penelitian harus dikompetisikan untuk memperbaiki kualitas proposal. Di dalam penyusunan proposal dosenpun perlu pendampingan. Tips dan teknik memotivasi dosen untuk publikasi bisa melalui insentif sesuai tingkat jurnal yang dituju dan kemampuan kampus,” ujar Siti.

Berikut 3 Cara mengelola hasil penelitian:
1. Pendampingan penulisan artikel terindeks sinta, Sinta 2 dan Scopus sampai submit (Wajib)
2. Memfasilitasi dengan seminar internasional dan memberikan kesempatan pada peneliti untuk menjadi presenter atau invited speaker dengan dukungan Dekan dan Kaprodi
3. Hasil Publikasi sebagai syarat pengajuan penelitian hibah internal

Adapun 3 Cara mengelola hasil PkM:
1. Menyusun artikel PkM sesuai Template jurnal Pengabdian terindeks Sinta (Wajib)
2. Menfasilitasi seminar nasional pengabdian Dosen
3. Hasil Publikasi sebagai syarat pengajuan PkM tahun berikutnya (nad)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top